Monday, November 26, 2012

Evaluasi setelah perjalanan selama 26 hari

perjalanan-homeschooling
Hari ini tepat 26 hari petualangan kami homeschooling. Yup, tepatnya 26 hari setelah kami tiba di perantauan dan langsung mengambil perahu dan berlayar bersama mengarungi lautan pembelajaran di universitas kehidupan.
Disamping belajar kurikulum diknas (karena anak anak rencananya akan ikut UAN), kami menanamkan juga sikap bertanggung jawab, disiplin, dan life skill lain. Kami sudah membuat jadwal kesepakatan yang sudah disetujui anak anak, yaitu chores list atau jadwal piket. Tujuannya adalah bekerja bersama sama, saling support diantara semua anggota keluarga.
Chores yang kami pilih adalah yang memang sesuai dengan kemampuan di usianya. Seperti meletakkan pakaian kotor ke mesin cuci, menjemur pakaian, merapikan sepatu di rak sepatu, merapikan kamar, membuang sampah di tempat sampah, dan seterusnya.
Pada awal kegiatan, anak anak begitu bersemangat. Akan tetapi setelah 26 hari ini, sepertinya sikap konsisten untuk mengerjakan tugas harian agak melemah. Kami berdiskusi dan sepertinya hal ini belum efektif berjalan. Biasalah anak anak, ketika ditanya,”kok bukunya ada disini? Memang tempatnya di mana seharusnya?” , mereka menjawab,”bukan saya yang ngeluarin, tuh si xxx yang naruh disitu” Dan seterusnya.
Kami sedang berpikir metoda yang efektif dan mencoba untuk menanamkan dibenak mereka akan keindahan, kebersihan, dan kerapihan rumah tempat tinggal. Mulai dari metoda bercerita, membacakan faidah dari Alquran dan hadits tentang kebersihan, dan terus menerus mengingatkan mereka.
Kami sedang berpikir untuk menanamkan motivasi kepadanya agar motivasi intrinsiknya (dari dalam dirinya) yang dominan agar melakukan hal ini dengan semangat dan niat yang benar.
Mudah mudahan perjalanan ini bisa dilewati… Aamiin…