Thursday, November 1, 2012

Belajar matematika dengan bercerita

Usia 6 tahun dapat dikatakan usia mereka yang memiliki imaginasi yang tinggi. Oleh karena itu, salah satu metoda pembelajaran yang bisa dipraktekkan kepada mereka adalah metoda bercerita.

Pelajaran matematikapun saya coba dengan pendekatan bercerita. Tapi bukan saya yang bercerita. Biarkan saya jelaskan dengan detail. Jadi begini, setelah Azka sudah menerima pelajaran tentang operasi dasar aritmetika (penambahan, pengurangan, dan seterusnya), saya minta dia untuk mempresentasikan konsep yang sudah dia mengerti ke saya. Artinya dia akan menceritakan apa yang sudah dia pelajari ke saya. Nah, untuk mempermudah dia menceritakan konsep tersebut, dia berinisiatif menuliskannya di selembar kertas. Ini adalah portfolio si Azka yang saya dokumentasikan. 

Adapun beberapa faidah mempresentasikan apa yang sudah dipelajarinya adalah:


-          Dengan dia bercerita diharapkan semakin kuat pemahamannya.
-          Melatih keterampilan berkomunikasi melalui presentasi singkat.
-          Menambah kepercayaan diri.
-          Melatih kebiasaan sharing ilmu dengan orang lain dengan kalimat yang runtut.
-          Mengasah kreatifitas (untuk membuat kalimat, gambar, grafik, bagan yang sesuai dengan konteks bahasan)

Contoh portfolio presentasi Azka:

belajar matematika dengan bercerita

No comments:

Post a Comment