Monday, July 15, 2013

Mengajak anak tadabbur Alquran

Beberapa waktu lalu di sebuah ruangan, kami berkumpul bersama dengan anak anak. Di sana kami menonton film dokumenter yang berjudul Quran by heart. Film ini mengisahkan tentang anak anak luar biasa dari berbagai penjuru dunia dan mereka bertemu di Mesir untuk melakukan kompetisi hapalan quran. Saya terharu sekali melihat Saidov dari Tajikistan, Rifda dari Maldives, dan teman temannya bagaimana perjuangan mereka dalam menghapal Al qur’an. Seperti biasa, setelah itu kami berikan motifasi agar anak anak rajin menghapal dan murojaah hapalan quran. Kami senang ketika melihat binar mata mereka yang menjawab, “iya ummi… “

Walau pelan tapi pasti, Alhamdulillah mereka masih konsisten menghapal dan murojaah hapalan mereka serta memperbaiki bacaan mereka. Namun ada yang lebih penting lagi dari sekedar menghapal quran. Apa itu? Jawabnya adalah tadabbur quran. Oleh karena itu dalam Ramadhan kali ini, kami fokuskan untuk tilawah, murojaah hapalan, dan mentadabburi Al quran.

Ayat yang menyebutkan tadabbur Quran

tadabbur quran

Ada banyak ayat dalam Al Quran yang menyebutkan tentang berpikir, merenung, dan mentadabburkan ayat ayat Allah ini. 

Seperti yang terdapat di dalam Surah Muhammad:24 yang maknanya adalah: “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?” 

Dan juga terdapat pada surah Shaad:29 yang maknanya: “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” 


Makna tadabbur Quran

Artinya kurang lebih adalah memahami sedikit demi sedikit, memperhatikan ayat ayat Quran dan berfikir di dalamnya sehingga memahami ayat ayat yang dikandungnya. 


Manfaat tadabbur Quran


Melalui tadabbur Al quran maka kita akan mendapat hidayah taufiq dari Allah Ta’ala karena hal ini merupakan salah satu penyebab hidayah bagi hamba Allah. Oleh karena itu kita akan lebih mudah dalam mengamalkan apa apa yang telah di baca. 

Bagi mereka yang membaca Al quran dengan tartil dan tadabbur, maka mereka akan meresapi setiap kandungan makna setiap ayat. Mereka akan merasakan dan seakan akan melihat bagaimana Allah memberikan azab kepada kaum Ad dan Tsamud, mereka akan melihat peristiwa tenggelamnya Firaun, mereka akan berdoa dengan penuh harap dimasukkan ke dalam surga ketika membaca ayat ayat yang melukiskan keindahan surga, linangan air mata mereka tumpah dan memohon kepada Allah agar dijauhkan dari neraka ketika mereka menemukan ayat ayat yang menggambarkan keadaan neraka, mereka akan sujud merendah kepada Allah ketika membaca ayat sajdah, dan seterusnya. 


Mengajak anak tadabbur Al quran


mengajak anak tadabbur quran

-Membaguskan bacaan mereka ketika tilawah.

-Mengajak mereka membacanya dengan tartil dan tidak terburu buru.

-Mengajari mereka sedikit demi sedikit arti dari ayat ayat Al quran, dimulai dari surat Al fatihah yang merupakan surah yang wajib dibaca ketika shalat, lalu Al ikhlas dan seterusnya ke ayat lain yang mudah untuk dipahami.

-Membacakan mereka kisah kisah Al Quran, seperti kisah burung Ababil di dalam surah Al Fiil, kisah unta dan kaum nabi Shalih di dalam surah Asy Syams, bagaimana kejadian kiamat di dalam surah Al zalzalah, dan lain lain.

-Mengajak mereka untuk mengamalkan sedikit demi sedikit apa apa yang telah mereka baca dan ketahui maknanya, seperti: harus mengisi waktu dengan baik, menggunakan waktu luang dengan aktifitas positif seperti membaca, membuat craft, menulis, berolahraga, dan seterusnya setelah dibacakan kepada mereka surah Al Ashr. 

Jika ayah bunda mempunyai aktifitas lain untuk mengajak anak tadabbur Al Quran, silakan berkomentar di bawah, kami sangat senang sekali siapa tahu dapat diterapkan pada anak anak kami. 


Catatan terkait : tadabbur tentang unta