Monday, May 20, 2013

Bagaimana cara mengenalkan bahasa asing kepada anak?

Judul tulisan di atas memakai tanda tanya, itu berarti saya benar benar bertanya bagaimana caranya mengajarkan bahasa asing ke anak. Saya bukan berlatar belakang sarjana pendidikan, sehingga tidak begitu mendalam mengetahui tentang konsep pedagogi. Tapi saya mencoba mempraktekkan teori teori yang sudah diajarkan oleh para ahli pendidikan.

Saya berharap ada pengajar atau guru bahasa asing yang membaca tulisan ini sehingga bisa memberikan komentar terhadap pengalaman saya dalam belajar bahasa asing bersama dengan anak. Alhamdulillah kami sangat enjoy dengan aktifitas ini, tapi kami tidak mengetahui apakah kegiatan kami ini efektif atau tidak ditinjau dari aspek pendidikan anak. Atau mungkin anda mempunyai pengalaman lain dalam hal ini, saya mengharapkan tambahan informasi dari anda melalui komentar di bawah. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih, semoga bisa menambah kaya khasanah keilmuan dalam beraktifitas bersama anak anak kita.

Oleh karena sebelum homeschooling, anak anak kami bersekolah di SDIT (sekolah dasar Islam terpadu), maka bahasa asing yang dipelajari ada dua yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Jadi setelah homeschooling, kami selaku orang tua langsung meneruskan pelajaran kedua bahasa ini. Buku dari sekolah sudah habis dibaca, jadi saya mencari sumber lain untuk pelajaran ini. Alhamdulillah saya menemukan sumber yang menurut saya cocok untuk anak saya dalam mempelajari bahasa arab, yaitu di http://omarmariam.irsyad.sg/

Disini ada ada tiga level dan setiap level ada tujuh buku yang harus dipelajari. Setiap selesai pelajaran, ada beberapa latihan dan quiz. Alhamdulillah anak anak saya suka dengan metoda ini.

Metoda yang saya terapkan adalah:

-Anak mendengarkan kalimat arabnya sambil melihat gambar disampingnya, dan usahakan anak mengerti artinya dengan melihat gambarnya. Tujuan dari aktifitas ini adalah berusaha mendengar seseorang bicara sambil berusaha mengerti artinya.

-Anak membaca kalimat yang ada. Tujuan dari aktifitas ini adalah untuk melatih mengucapkan kalimat dengan benar.

-Jika ada kata baru, anak mencatat kalimat itu dibukunya, mengulang ulang membacanya agar lancar dan hapal.

-Setelah mendengar, membaca, dan menulis kata baru maka anak mengerjakan soal latihan dan quiz yang terdapat pada website.

-Selesailah pelajaran pada hari itu.

-Sebelum pelajaran yang baru, saya review kosa kata baru yang didapat sebelumnya. Cara saya mereview adalah saya menanyakan apa bahasa arabnya dari kata bahasa indonesia dan sebaliknya apa arti dalam bahasa indonesia dari kata bahasa arabnya.

Ada dua jenis review yang saya lakukan, yaitu lisan dan tertulis.

-Setelah itu barulah memulai pelajaran baru.

-Begitu seterusnya.

Kata para ahli, belajar berbahasa asing itu harus banyak prakteknya. Oleh karena itu di dalam aktifitas belajar ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa arab, mulai dari pembukaan sampai selesai. Saya juga menerapkan hari hari tertentu di dalam keluarga dimana didalam satu hari itu kita semua menggunakan bahasa arab, dan hari tertentu berkomunikasi dalam bahasa Inggris (tapi beribu ribu sayang, saya belum konsisten dalam menerapkan hal ini). Alhamdulillah, melalui aktifitas ini, membuat saya harus terus belajar.

Inti dari hal yang sudah saya praktikkan adalah menulis kalimat, mendengarnya untuk melatih pendengaran, membacanya agar dapat membaca dengan pronunciation yang benar, dan menambah kosa kata baru, serta berkomunikasi dengan anak agar dapat mempraktekkan kosa kata yang sudah didapat. Ohya, satu lagi anak anak juga mencoba menuliskan apa saja yang telah dia pelajari baik bahasa arab atau bahasa inggris di blog mereka. Alhamdulillah, mereka semangat menuliskannya di blog mereka, walaupun saya senyum sendiri membacanya. Mengapa? karena menurut grammar ada beberapa kesalahan (yang kadang membuat saya senyum), tapi yang penting mereka berani praktek. Setelah saya baca, biasanya saya beri pujian,"good job" atau "mumtaaz" sambil memberikan contoh yang benar.

Pembelajaran mereka dapat dilihat di sini:

- dua bahasa rangkuman di http://karyahalwa.blogspot.com/2013/01/bahasa-arab-dan-inggris.html

-percakapan bahasa inggris di http://karyahalwa.blogspot.com/2013/01/percakapan-bahasa-ingrisfor-islamic.html

-listen islamic story di http://karyahalwa.blogspot.com/2013/01/listen-islamic-story.html

-membuat rangkuman di http://celotehanafra.blogspot.com/2013/01/blog-post_17.html

-pergi ke le park di http://celotehanafra.blogspot.com/2013/01/percakapan-pergi-ke-le-park.html

Itulah sementara ini cara kami belajar bahasa asing, bagaimana dengan anda? Jika punya pengalaman lain mohon kiranya di share melalui comment di bawah. Siapa tahu kita bisa sama sama mempraktekkannya.

No comments:

Post a Comment