Thursday, January 17, 2013

Filtering video pada youtube - safe internet for kids


Berkembangnya teknologi komunikasi membuat proses belajar menjadi mudah dan menyenangkan, apalagi anak anak homeschooling. Mereka dapat melakukan distance learning, online course, self-pace study, dan seterusnya. 


Biasanya anak anak menyenangi video untuk mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap sesuatu. Ketika tema lingkungan hidup, tentang Biopori misalnya. Apakah itu biopori, bagaimana cara membuat biopori, apa fungsinya, dan seterusnya. Anak anak yang dominan kinestetiknya akan lebih enjoy untuk langsung bereksperimen. Nah sebelumnya kita tunjukkan dulu video tentang itu, seperti yang bisa dilihat pada link ini http://www.youtube.com/watch?v=qWm8svo8MVQ
 

Banyak sekali tutorial yang tersedia di youtube, dari bagaimana menanam cabai sampai merakit robot. Oleh karena itu, anak anak paling suka sekali mencari referensi ke situs tersebut.


Akan tetapi, sebagai orang tua, kita harus memberi pengarahan tentang filtering informasi. Karena banyak informasi sampah bertebaran di dunia maya. Jika tidak memilih dan memilah dengan benar, maka anak anak akan dipenuhi oleh informasi sampah. Apalagi ketika search sebuah kata kunci di youtube, seringkali kita lihat video yang tidak patut dilihat. 


Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah mendidik dan memahamkan pemahaman yang benar dalam memfilter informasi. Salah satu ikhtiar juga adalah menyalakan fasilitas safety yang terdapat dalam youtube (safety – on)


Caranya adalah:

1. Sign in di youtube.

filtering-youtube-sign-in

2. Lihat halaman paling bawah, pertama tama safety statusnya adalah off, kita harus klik pada tab safety, agar statusnya on.
filtering-youtube-safety-on
 
3. Klik on, dan pilih lock safety mode on this browser, terakhir klik save.
filtering-youtube-lock-safety-on




Catatan, cara ini tidak menjamin 100% video tidak patut akan terfilter, akan tetapi dengan ikhtiar ini Insya Allah akan berkurang. Dan kepada Allah lah kita berdoa semoga kita sekeluarga selamat dari fitnah dunia dan akhirat.