Tuesday, December 11, 2012

Belajar dan praktek - keutamaan memberi minum pada hewan

memberi-makan-burung
Pada awalnya, saya tidak mengetahui bahwa banyak burung yang hinggap pada jendela rumah kami. Setelah abi melihat pada suatu pagi, maka beliau mengambil foto burung itu, dan diperlihatkanlah foto itu pada anak anak. Tanggapan anak anak adalah senang dan berharap ada banyak burung lagi yang singgah di jendela kami.
 
Di buku “Bersama Rasulullah mendidik generasi idaman” buah karya Fadhl Ilahi terdapat  pelajaran bahwa ada 45 pola pendidikan Rasulullah.  Salah satunya adalah menjabarkan tentang menguraikan pelajaran dan hikmah dari keadaan atau kejadian.
Nah, dari kejadian ini. Saya kisahkan tentang seseorang yang memberi minum pada anjing yang sedang kehausan lalu Allah memberikan pahala padanya dan mengampuni dosanya. Saya hanya menceritakan secara garis besarnya saja, karena saya sudah pernah dapat pada suatu kajian, tapi lupa cerita atau bunyi text hadist yang lengkapnya. Mungkin teman teman dapat membacanya pada kitab kitab hadits pada bab keutamaan memberi makanan atau minuman pada hewan atau yang semisalnya.
Mendengar cerita itu, Alhamdulillah anak anak menjadi semangat untuk membuat tempat minum dari botol air mineral. Botol air mineral dipotong sebagian sehingga dapat menjadi  wadah air. Lalu mereka mengumpulkan bekas roti yang sisa atau nasi yang sisa untuk diberikan kepada burung burung tersebut. Mereka senang sekali melihat burung burung hinggap dan makan sampai habis. Itu menjadi hiburan tersendiri bagi mereka, terutama bagi si bungsu Abdurrahman. Beliau pasti minta gendong untuk melihat aktifitas burung itu.

Alhamdulillah, dengan tulisan ini sekalian saya mencatat pembelajaran mereka, bahwa mereka telah mendapat ilmu tentang keutamaan memberi makan atau minum dan telah mempraktekkannya.  Alhamdulillah bini'matihi tathimmush shalihat...