Thursday, July 11, 2013

Kegiatan Ramadhan - membuat craft replika ka'bah

Menyambung kegiatan ramadhan pada catatan sebelumnya yaitu belajar salah satu adab Islam, maka kali ini saya mendokumentasikan kegiatan ramadhan membuat craft replika ka'bah. Alhamdulillah anak anak nampak antusias dan senang membuat hasil karya ini.

Jika kita tidak disibukkan oleh hal hal yang bermanfaat, maka niscaya kita disibukkan oleh hal hal tidak bermanfaat. Dengan semangat menyibukkan anak anak dengan hal yang bermanfaat agar mereka dapat berpuasa sampai adzan maghrib tiba, maka kami mengusahakan jangan sampai ada waktu yang kosong sia sia yang membuat anak anak merasa lapar dan haus. Salah satunya adalah membuat craft. Kali ini yang dipilih oleh mereka adalah membuat ka’bah.

Yang harus menjadi catatan adalah kegiatan ini dikerjakan setelah kegiatan penting ramadhan telah selesai, misalnya membaca Al-qur’an, membaca buku, membantu orang tua, menghapal dzikir pagi dan sore lalu mengamalkannya, dan seterusnya.

Kegiatan ramadhan – membuat replika ka’bah

1.Survey
Dari kegiatan ini anak anak belajar mencari informasi tentang ka’bah. Bentuknya dan hal apa saja yang disekitarnya. Di sini, mereka menemukan bentuknya, lalu mengetahui kiswah penutupnya yang berwarna hitam, kemudian mereka mengetahui bahwa ada hajar aswad, pintu ka’bah, maqam Ibrahim, hijr Ismail, dan lain lain.

Pada aktifitas ini saja, banyak ilmu yang didapat seperti sejarah ka’bah, cerita surat Al fiil, tentang hajar aswad, manasik umrah, dan seterusnya. Insya Allah melalui aktifitas ini, tertanam kerinduan mereka akan berziarah ke sana untuk melakukan umrah atau haji.

2.Persiapan bahan
Setelah anak anak mengetahui bentuknya, maka kami berdiskusi bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat replika ka’bah. Kemudian, kami siapkan bahan dan tools nya seperti gunting, lem, karton, kertas, dan seterusnya.

Pada fase ini, mereka mempelajari tentang planning atau perencanaan untuk mengerjakan sesuatu hal. Biasanya kami ketika belanja bersama anak anak, kami tulis bersama sama keperluan yang akan dibeli (semacam check list) lalu dengan list tersebut kami sama sama mencari barang tersebut dan menandainya jika telah ada di keranjang belanja. 

Jadi pada kegiatan ini, mereka belajar tentang fungsi cek list dan tools untuk membuat planning sederhana.

3.Kegiatan inti
Inilah yang merupakan kegiatan inti dari kegiatan Ramadhan membuat craft yaitu replika ka’bah. Pada fase kegiatan ini, mereka melakukan optimasi saraf motorik dan juga saraf sensorik. Mengapa? Oleh karena mereka banyak menyentuh, merasakan, bergerak seperti menggunting, mengelem, dan lain lain.
Inilah gambar aktifitas mereka.
aktifitas ramadhan membuat craft
4.Finishing
Dalam tahap ini, replika ka’bah sudah jadi. Mereka menambah pembuatan maqam Ibrahim dan hijr Ismail. Di fase ini, mereka belajar mempresentasikan hasil karya mereka untuk melatih kemampuan komunikasi dan menyampaikan ide kepada orang lain. 

craft replika kabah
Itulah catatan aktifitas ramadhan yaitu membuat craft replika ka’bah. Untuk selanjutnya kami merencanakan untuk membuat mapping story, yaitu siroh tentara bergajah yang gagal menghancurkan ka’bah seperti terdapat di dalam surah Al fiil. Gambarannya adalah nanti terdapat beberapa kotak (ini sebagai tentara bergajah) dan juga batu batu dari kertas, mereka nanti akan menceritakan kisah itu sambil memperagakannya.