Sunday, July 21, 2013

Berbakti kepada orang tua

Merenungi kembali kisah nyata tentang dua orang kakak beradik yang memperebutkan ibunya agar tinggal bersamanya. Sungguh kisah yang sangat langka di akhir zaman ini. Akhirnya pengadilan memutuskan bahwa ibunda mereka tinggal di salah satu dari mereka, dengan alasan di rumahnya itu dekat dengan kota dan mempunyai fasilitas lengkap seperti rumah sakit yang dekat. Maka menangislah salah satu dari mereka. Tangisan yang membuat saya merenung dalam, betapa bahagia orang tua yang mempunyai anak shalih dan shalihah yang berbakti kepada orang tuanya.

Sungguh berbeda seratus delapan puluh derajat dengan kisah di media lain tentang anak yang berbuat durhaka kepada orang tuanya. Kisah tentang akhir kehidupan mereka. Benar benar dua sisi cerita yang dapat kita ambil pelajaran didalamnya.

Pertanyaannya sekarang,”sudahkah kita mendidik anak anak kita dan mendoakan mereka kebaikan agar kelak menjadi anak shalih?” 

Dari buku atau dari situs Islam yang terpercaya saya mencatat bahwa ada beberapa sikap yang menunjukkan contoh berbakti kepada orang tua. Semoga kita semua dapat mengamalkan contoh ini dan perbuatan baik kepada orang tua lainnya. 


Contoh berbakti kepada orang tua

dalil berbakti kepada orang tua

 -Perbanyak silaturahim kepada beliau.
Jika tempat tinggal kita berbeda kota dengan beliau, usahakan jadwalkan secara rutin untuk mengunjunginya. Ajaklah anak anak kita ikut serta sehingga mereka dapat melihat contoh langsung perbuatan baik kepada orang tua. Mudah mudahan dengan kebiasaan ini, tertanam di jiwa mereka perbuatan baik ini dan dapat mengamalkannya.


-Bertutur kata yang baik
Ini adalah seni berkomunikasi dengan orang tua yang harus kita terapkan dan juga kita contohkan kepada anak anak ketika kita berkomunikasi dengan orang tua kita. Insya Allah dengan hidayah taufiqNya, anak anak kita akan meniru sikap baik ini. 


-Menjaga perasaan orang tua
Usahakan sedapat mungkin kita tidak menunjukkan bahwa kita sedang dalam keadaan sulit (walaupun kita benar benar didalam keadaan demikian). Mengapa? Sudah menjadi fitrah bahwa orang tua ikut berpikir dan tanpa diminta anaknya, mereka turut merasakan penderitaan tersebut.
 

Buatlah mereka selalu tersenyum, usahakan membuat mereka tertawa. Alangkah indahnya rasa hati ini jika melihat mereka senyum bahagia. 

-Menafkahi orang tua
Ini adalah salah satu contoh berbakti kepada orang tua. Kita menafkahi orang tua walaupun kita dalam keadaan sulit. Mencarikan makanan atau minuman untuk mereka jika mereka menginginkannya walaupun diluar hujan atau panas sekalipun. 


Hal di atas adalah sekedar contoh, dan berbakti kepada orang tua tidak hanya terbatas pada hal yang disebutkan di atas.



Dalil untuk berbakti kepada orang tua

-Surat Luqman:14 yang maknanya adalah:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”


-Hadits dari Abdullah bin Mas’ud yang maknanya kurang lebih adalah:

Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu "alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu "alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya, kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah".[HR Bukhari I/134)


Terakhir, kiat dari ustadz untuk mencetak anak shalih yang berbakti  kepada orang tua salah satunya adalah kita contohkan diri kita dahulu dengan menjadi orang tua shalih dan berbakti kepada orang tua kita.