Thursday, May 23, 2013

Cara smart mencari informasi - tips pencarian google


google-advance-search-tutorial
Pernahkah kita mengalami ketika mengetikkan kata kunci sebuah informasi di google, akan tetapi tidak menemukan apa yang kita cari? Mungkin kita pernah mengalami ketika mencari informasi yang kita perlukan akan tetapi memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkannya. Saya pernah mengalaminya, oleh karena itu saya mencari tips dalam mencari informasi di google.

Ternyata google menyediakan program khusus untuk hal di atas. Namanya adalah Google search education. Dengan tagline "help your student become better searchers". Ada beberapa lesson plans dan latihan yang dapat kita coba. Ini sangat menarik.

Alhamdulillah, ilmu ini saya telah praktekkan dalam aktifitas homeschooling kami. Anak anak telah diajarkan tips untuk mencari informasi di mesin pencari yang paling banyak digunakan ini.

Untuk mencari informasi yang spesifik kita dapat menggunakan advanced search di http://www.google.com/advanced_search. Di sebelah kanan ada contoh yang harus diketik serta disertai keterangannya.

Seperti biasa, untuk mendokumentasikan apa yang sudah saya dapat, maka saya tuliskan di blog ini.

Tips melakukan pencarian di google


1.Menggunakan inurl atau allinurl
Biasanya penulis blog atau blogger memberi nama url (alamat web) dengan tema yang sesuai dengan tulisan. Misalnya jika tulisan tentang cara belajar efektif, maka mereka memberi urlnya /carabelajar , atau /cara-belajar-efektif.

Jadi yang pertama anda coba adalah dengan mengetikkan inurl: lalu ketik informasi yang anda ingin dapatkan.

Misalnya anda ingin mencari blog mengenai cara belajar bahasa arab, maka yang anda lakukan adalah ketik inurl:cara belajar bahasa arab

Di bawah ini adalah contoh dan hasil pencariannya.

contoh-penggunaan-inurl

hasil-pencarian-inurl

2. Mencari informasi pada site tertentu.
Dari contoh di atas, setelah anda menemukan blog yang berisi tentang belajar bahasa arab dasar. Setelah itu anda ingin mencari informasi tentang bilangan dalam bahasa arab. Maka anda ketik site:  setelah mengetik kata kunci.

Contoh: 
bilangan dalam bahasa arab site:belajarbahasaarabdasar.blogspot.com

Lihat gambar di bawah untuk lebih jelas.

hasil-pencarian-site


3. Mencari informasi dalam bentuk file.
Jika kita ingin mencari file dalam bentuk pdf mengenai kitab tauhid, kita perlu menambahkan filetype:pdf

contoh:
kitab tauhid filetype:pdf

Lihat gambar di bawah untuk lebih jelas.

hasil-pencarian-filetype


Sebenarnya masih banyak lagi tips pencarian di google, akan tetapi tiga point di atas yang sering saya gunakan sehingga saya hanya menuliskan dokumentasinya seperti di atas. Jika anda ingin tahu lebih dalam, silakan langsung ke web yang telah saya sebutkan di atas.