Friday, January 6, 2017

Pengenalan komputer untuk anak Sekolah Dasar

Contoh pelajaran pengenalan komputer untuk anak kelas satu sampai kelas tiga SD. Ini adalah pelajaran yang sudah saya sampaikan kepada anak anak di rumah tentang computer literacy.

1. Penjelasan apa  itu komputer?


-          Pengertian komputer

-          Fungsi komputer

2. Bagian dari komputer.


-          Input

-          Proses

-          Output

3. Dasar dasar pengoperasian komputer.


-          Menghidupkan komputer

-          Login dan logoff

-          Istirahat sementara

-          Mematikan computer

4. Contoh computing device selain PC desktop


-          Laptop / notebook

-          Tablet

-          Smartphone

Itulah topik yang telah saya ajarkan. Ini adalah dokumentasinya, sehingga jika anak anak ingin mengulang-ulang informasi mengenai dasar komputer, mereka akan melihat posting ini.

Kemudian detailnya adalah:


Apa komputer itu?

Komputer adalah salah satu alat computing device. Definisi sederhananya adalah alat untuk memproses data yang masuk (input) sehingga menghasilkan output (hasil yang diinginkan).

Contohnya pada aplikasi calculator sederhana bawaan Microsoft windows, seperti yang terlihat di bawah ini:

pengenalan aplikasi komputer pada sd


Inputnya itu adalah angka 9 dan angka 10, angka 9 dan 10 itu muncul pada aplikasi karena kita click menggunakan mouse pada angka tersebut.

Setelah itu computer memproses perhitungan di atas, terakhir computer mengeluarkan hasil (output) penjumlahan 10 + 9 , yaitu 19. Lihat pada gambar di bawah:


pengenalan software pada komputer untuk anak sd

Fungsi komputer

Setelah anak tahu tentang salah satu definisi dan fungsi komputer, maka pada bagian ini dijelaskan tentang kegunaan komputer pada kehidupan manusia. Dewasa ini, hampir semua bidang pekerjaan memerlukan alat untuk memproses data dan informasi secara cepat dan akurat. Oleh karena itu, mereka memerlukan komputer.

Contoh:

-Peneliti.
Para peneliti biasanya melakukan beberapa percobaan. Dari beberapa percobaan itu, mereka akan merekam informasi mulai dari perencanaan, proses percobaan, sampai hasil akhirnya.  Percobaan demi percobaan ini harus dicatat dan didokumentasikan sampai ditemukan hasil yang memuaskan. Adakalanya dokumentasi itu harus diolah dan diproses lagi dengan simulasi, nah proses inilah yang dikerjakan oleh computer.

-Designer.
Saya yakin, anak anak sudah tahu aplikasi bawaan Microsoft windows yang bernama paint. Itu adalah aplikasi sederhana untuk membuat dan mengedit gambar. Biasanya para designer memerlukan aplikasi yang lebih lengkap dari itu seperti Adobe photoshop dan lain lain.

Dan masih banyak lagi, seperti guru, pengusaha, dan lain lain yang memerlukan bantuan komputer. Pada bagian ini, usahakan bertanya contoh yang lain lagi kepada anak anak, sehingga terjadi diskusi yang menyenangkan.

Bersambung ke bagian dua, Insya Allah...