Saturday, December 28, 2013

Pengalaman menjadi guru

Mencoba sesuatu yang baru (baca: hal yang positif) adalah hal yang menyenangkan. Hal itulah yang coba saya terapkan pada aktifitas pembelajaran dengan anak anak. Sesuatu yang sebenarnya bukan hal baru, tapi kami coba untuk mengaplikasikannya dikeseharian. Pertama kali mempraktekkannya, peran saya adalah si pemberi pertanyaan dan anak anak menjawabnya, lalu saya yang memeriksa jawaban dan menilainya. Kali ini saya melakukannya dengan sedikit metoda yang berbeda. 

Sekarang, saya tugaskan Azka memberi pertanyaan kepada Ghayda dan sebaliknya. Mereka juga bertanggung jawab memeriksa jawaban dan menilai. Kemudian, saya arahkan mereka untuk berdiskusi mengenai materi apa yang akan menjadi pertanyaan pada quiz. Lalu saya informasikan bagaimana cara penilaiannya. Setelah itu saya bebaskan mereka tentang tipe soalnya apakah pilihan ganda atau isian atau essay. Terakhir, saya akan mengamati aktifitas mereka dan proses mereka beradaptasi. 

Alhamdulillah, proses diskusi berjalan lancar dan akhirnya mereka masing masing membuat soal dari bahan atau materi yang mereka sepakati. Ternyata mereka masing masing membuat lima soal. Masing masing sudah menjawab pertanyaan dan juga memeriksa dan memberi nilai pada quiz yang mereka buat. 

Manfaat yang didapat dari aktifitas ini adalah:

- Melatih mereka berdiskusi dengan baik dan melatih mengambil keputusan.

- Dapat menanamkan kecintaan kepada ilmu.

- Melatih tanggung jawab, yaitu membuat soal dan menilainya.

- Melatih bagaimana menjadi pendidik atau guru atau pengajar yang salah satu aktifitasnya adalah membuat ujian dan menilainya.

- Melatih untuk berjuang menjadi yang terbaik.

- Melatih kerjasama dan bekerja dalam tim.

- Memupuk kejujuran.

Dan masih banyak lagi buah yang dipetik dari pohon aktifitas ini.

No comments:

Post a Comment