Monday, December 23, 2013

Membuat website portfolio dengan mudah

Kali ini saya dokumentasikan aktifitas kami mengisi liburan pada hari jumat dan sabtu kemarin. Setelah mendapatkan informasi mengenai mudahnya membuat website yang hanya satu halaman saja, saya penasaran ingin mencoba. Di pagi itu setelah sarapan dan silaturahim dengan orang tua nun jauh di kampung halaman via telepon, maka saya ambil notebook dan mencoba mengotak-atiknya. Dan ternyata memang mudah, Alhamdulillah. Tak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya, terima kasih kepada tim strikingly.com saya sampaikan karena telah membuat yang versi gratisnya untuk saya coba.

Sebagaimana kita ketahui bersama, sifat anak anak itu adalah ingin tahu dan penasaran dalam sesuatu hal yang baru. Mungkin melihat saya duduk diam dan nampak asyik 'mengoprek' apa yang ada layar monitor, Ghayda dan Azka pun mendekat. Akhirnya mereka malah asyik memperhatikan saya yang sibuk memainkan sepuluh jari di keyboard lalu berpindah ke mouse dan seterusnya. 

Setelah saya menyelesaikan 'project' ini, saya mempresentasikannya kepada anak anak. Mereka nampak tertarik. Sepuluh detik kemudian saya mendapatkan ide. Hati saya berteriak,"Aha... bagaimana kalau saya mengajarkan hal ini kepada mereka". Akhirnya saya bertanya kepada mereka,"Mau buat site ini juga?". Jawabannya mudah saya tebak. Dari body languagenya ketika mereka memperhatikan monitor saja saya sudah tahu bahwa jawabannya adalah "mauuuuuuu".

Akhirnya saya memberikan overview singkat kepada mereka dan sedikit menguji mereka dengan jargon IT yang ada di web itu seperti edit, upload, add, dan seterusnya. Nampaknya mereka sudah paham, sehingga proses transfer ilmu berjalan lancar. Dan akhirnya, waktu yang ditunggu telah tiba. Saya bebaskan mereka untuk membuat portfolio page mereka masing masing. Mereka nampak semangat dalam kegiatan ini.

Dengan sabar saya menunggu hasil kreatifitas mereka, dan tibalah saat mereka menunjukkan karya mereka. Alhamdulillah, dengan senyum puas saya mengacungkan dua jempol kepada mereka berdua. Ini adalah salah satu tanda bahwa transfer ilmu telah berjalan.

Ohya, sampai lupa menginfokan, silakan berkunjung di site saya http://strikingly.com/learningwithabiandummi



No comments:

Post a Comment