Sunday, December 15, 2013

Aktifitas baru (namun lama) - dan nilai nilai yang ditanamkan


Sebenarnya aktifitas pembelajaran ini tergolong sudah lama kami implementasikan, akan tetapi karena kadangkala terhenti oleh sebab tertentu (seperti sit in di sekolah sewaktu liburan musim panas kemarin) maka aktifitas ini seperti hal yang baru bagi kami.

Aktifitas ini adalah quiz dimana saya akan memberikan beberapa pertanyaan dan setiap pertanyaan yang benar akan diberikan point, setelah mengumpulkan sejumlah point, mereka akan diberi reward.

Pertanyaannya dapat berupa pengetahuan agama seperti Tauhid, aqidah, siroh, dan lain lain atau bahasa Inggris , bahasa arab, dan yang lainnya. Sedang asyik asyiknya saya melakukan kegiatan menyenangkan ini, datang kabar bahwa saya harus menghadiri training ke negara tetangga. Saya memutar otak agar bagaimana kegiatan ini tidak terhenti lagi. Akhirnya, lagi lagi saya melakukan aktifitas baru (namun lama) yaitu memberikan pertanyaan online yaitu fasilitas gratis yang disediakan google. Salah satu google apps yang saya gunakan adalah form (ada di dalam paket google docs, kalau tidak salah saya pernah posting tentang hal ini dalam tulisan sebelumnya, silakan saja searching).

Walhasil, kemarin dan hari ini, walaupun saya berbeda jarak dengan si buah hati, saya tetap melakukan aktifitas pembelajaran dengan gembira. Ini adalah salah satu screenshoot form yang saya buat untuk quiz, yaitu quiz siroh sahabat nabi dan english.

contoh-pertanyaan-quiz-siroh-english-buat-anak

Dan inilah adalah contoh screenschoot response atau jawaban dari anak anak yang otomatis tampil dalam bentuk spreadsheet di google docs.

contoh-quiz-jawaban-bahasa-inggris

Nilai nilai yang saya tanam dalam aktifitas pembelajaran ini adalah:


- Agar anak anak mencintai ilmu. 
Alhamdulillah, sejak diaktifkan kembali quiz ini, mereka semangat untuk membaca dan mengulang-ulang pelajarannya.



- Mendidik dan melatih anak jujur.
Saya sarankan untuk jujur dalam menjawab, tidak mencontek, tidak bekerjasama dalam menjawab.



- Berusaha menjadi yang terbaik.
Mereka nampak bersemangat dan saling berlomba dan berkompetisi untuk mendapatkan nilai yang terbaik.



- Menerima dengan jiwa ksatria apapun hasil yang mereka peroleh.
Kadangkala ketika adiknya lebih dahulu mendapatkan point, si kakak nampak dari bahasa tubuhnya menerima dengan sabar hasilnya, begitu juga sebaliknya.



- Melatih untuk berjuang, berkorban, dan berusaha untuk mendapatkan sesuatu.
Dengan adanya reward yang akan saya berikan jika anak anak sudah mengumpulkan point tertentu, melatih mereka untuk berjuang mendapatkan point, melatih mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.



- Mendidik mereka meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala.
Disela sela kegiatan menyenangkan ini, tak bosan bosannya saya mengingatkan mereka agar tidak menyandarkan kepada usaha mereka saja, akan tetapi bergantunglah kepada Allah Ta’ala, berdoalah kepadaNya dan meminta pertolongan dariNya sehingga dimudahkan dalam mengerjakan segala sesuatunya.


Itu saja aktifitas yang dapat saya dokumentasikan hari ini, sebab saya mau bikin soal lagi nih, anak anak sudah menagih via skype, “abi kapan quiz lagi……???”

No comments:

Post a Comment