Monday, November 11, 2013

November 11 2013 - Homeschooling lagi...

Setelah beberapa bulan di Indonesia dan sit in di sekolah anak anak yang dahulu, Alhamdulillah mereka sudah mendarat lagi di Doha. Ini berarti anak anak melakukan aktifitas homeschooling lagi. 

Segala puji bagi Allah, mereka mempunyai kemampuan adaptasi yang baik sehingga mereka mempunyai dua pengalaman berbeda yaitu belajar konvensional yaitu di sekolahnya dahulu dan belajar dengan metoda lain di rumah yang lebih dikenal homeschooling.

Hari ini adalah hari pertama Ahmad belajar di rumah. Kali ini Ahmad belajar iqro, sebenarnya Ahmad sudah Iqro dua, akan tetapi ketika di Indonesia dan belajar konvensional di TK, beliau tidak mengulangnya. Akhirnya, saya mempunyai kebijakan yaitu mengulang dari Iqro satu. Tidak apalah, lebih baik mengulang agar lebih lancar. Saya tidak menargetkan umur sekian harus bisa sampe iqro sekian, dan lain lain. (Padahal sih kita mengulang karena saya lupa sampe halaman berapa si Ahmad.. hehehe)

Sekarang saya mencoba lebih tertib dan disiplin dalam mencatat kemajuan belajar Ahmad dalam spreadsheet, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan cek list dan tracing kemampuan beliau. Semoga dengan ini, kejadian di atas tidak terulang lagi. Aamiin..

Saya membagi dua bagian, yaitu membaca dan menulis. Alhamdulillah dalam tiap bagian, Ahmad lulus dalam penilaian saya sehingga Ahmad akan melanjutkan ke halaman berikutnya Insya Allah.

Inilah screenshoot aktifitas homeschooling Ahmad hari ini:

belajar-iqro-1-A-Ba-Ta
Iqra 1= A Ba Ta
latihan-menulis-huruf-arab-A-Ba-Ta
Latihan-menulis A-Ba-Ta

No comments:

Post a Comment