Sunday, September 8, 2013

Cara memasak ayam - untuk pemula

Terjadi sebuah dialog antara abi dan ummi, dialog ini terjadi via chatting karena untuk sementara waktu abi berada di luar kota. Simaklah kisah nyata berikut ini:

Abi : Mi, abi sekarang sudah bisa goreng ayam. Rasanya enak banget.

Ummi : (dengan gaya bercanda) hmm.... emang sudah bisa, jadi kepengen ngerasain.

Abi : pokoknya enak deh.

Ummi : Asyik... Alhamdulillah, jadi nanti kalau abi sudah di rumah, bisa bantu masak dong...

Abi : iyalah, siapa takut.

Ummi : tapi ngomong ngomong, gimana langkah untuk menggoreng ayam.. Pengen tahu..

Abi : yaaa  ngetes nihye .. itu mah gampang, tinggal goreng

Ummi : ya udah kalo gampang, coba tunjukin caranya.. di foto ya biar meyakinkan.. hehehe

Abi : oke deh.. Perhatikan ya cara chef Abi memasak..

Inilah cara untuk memasak ayam goreng spesial buatan abi

1. Pertama tama, siapkan ayam yang sudah di potong dan dibersihkan. Taruh ditempatnya seperti nampak pada gambar di bawah ini.

langkah pertama masak ayam goreng


2. Kedua, siapkan bumbu masak untuk ayam goreng yang ummi kasih ke abi.. Ini dijual bebas kok, bungkusnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Jika pembaca ada yang ingin membeli silakan memberikan komentar di bawah disertai dengan email ( loh kok jadi iklan... hehe)

langkah ke dua memasak ayam goreng


3. Bumbu tersebut dioleskan dan diaduk hingga merata ke seluruh permukaan daging ayam.

Langkah tiga memasak ayam goreng


4. Setelah dicampur secara merata, tambahkan air secukupnya seperti terlihat pada gambar di bawah.

langkah keempat memasak ayam goreng


5. Kemudian rebus hingga mendidih.

langkah ke lima memasak ayam goreng


6. Setelah mendidih, matikan kompor. Simpan rebusan ayam tadi di lemari es, jika tidak mau dimasak sekarang.


7. Jika mau dimasak, tuangkan minyak goreng seperti yang dilakukan dan terlihat pada gambar di bawah.

Menggoreng ayam


8. Setelah minyak goreng hangat, masukkan ayam yang akan digoreng.

9. Goreng ayam tersebut hingga matang

10. Hasilnya tampak pada gambar di bawah... hhmmmm.. sedapnya ayam goreng special.

ayam goreng spesial


Catatan: sangat cocok dimakan dengan sambal goreng (ini juga ada bumbu jadinya... eh iklan lagi.... hehehe_ ) atau dengan saos sambel atau saos tomat.


Demikianlah langkah langkah untuk memasak dan menggoreng ayam ala chef abi.

Kemudian dialogpun berlanjut, setelah ummi menerima kiriman gambar di atas..

Ummi : oke deh, sekarang percaya bahwa abi bisa masak.. jadi gak sabar nyobain masakan abi...

Abi : aduh jadi tersanjung....

Dialog berakhir... Itulah sepenggal kisah perjalanan anak manusia dalam segmen pengalaman memasak.. hehehe


Sekian...

Untuk menjadi perhatian:

-Penulisan abi dan ummi sebagai pengganti nama asli hanya untuk memudahkan penulisan dan menjaga privacy yang punya kisah..

-hukum suami atau istri memanggil abi atau ummi dapat dilihat di : http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/panggilan-kesayangan-ummi.html