Sunday, July 14, 2013

Kegiatan Ramadhan - membuat kue donat

Melanjutkan catatan kegiatan ramadhan yang telah lalu, kali ini saya mendokumentasikan aktifitas ramadhan yang lain yaitu membuat kue. Kue yang kami pilih adalah kue donat, karena membuatnya relatif mudah bagi anak anak. Mereka sangat menyukai aktifitas ini, terutama kegiatan mencampur adonan, menabur coklat atau gula ke donat. 

Saya berusaha semaksimal mungkin mengusahakan ada pelajaran pada setiap aktifitas ramadhan. Banyak catatan saya mungkin jika dicari yang menyebutkan masa kanak adalah masa bermain. Sebagai orang tua dan pendidik, kita harus kreatif sehingga ada pembelajaran yang dapat diambil dari setiap aktifitas bermain mereka.


Pembelajaran pada kegiatan membuat kue donat



Dari sekian banyak pembelajaran, kami pilih tema tentang memberi makan dan khususnya memberi makan untuk orang berbuka. Tentunya kami memilih ini karena terkait dengan kegiatan ramadhan. 

Dalam memberi semangat anak anak agar membantu dan bersedekah serta memberi makanan untuk orang berbuka puasa, kami mengambil hadits Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang makna nya adalah: 

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga ( HR. Tirmidzi no. 807 ) 

Salah satu cara menanamkan motivasi kepada anak adalah dengan metoda bercerita. Sebelum beraktifitas membuat kue donat, dapat dilakukan cerita tentang betapa dermawannya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan beliau lebih dermawan di bulan Ramadhan. Cerita generasi salafus shalih yang pada bulan Ramadhan menyibukkan diri dengan Alquran dan memberi makan juga dapat diceritakan kepada mereka. Bagi mereka yang mengetahui keutamaannya, maka mereka berlomba lomba untuk memberi makan. Dari hadits di atas, kita mengetahui bahwa siapa yang ikhlas memberi makan orang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tersebut.

Setelah itu, saya beritahu bahwa kita akan membuat kue donat. Lalu kita akan memberikannya ke nenek, kakek, bibi, dan mbak yang suka bantu bantu, serta orang yang datang ke rumah agar dapat dimakan ketika berbuka puasa. 

Kemudian barulah kegiatan yang utama yaitu membuat kue donat. Di bawah tampak anak anak sedang mengaduk adonan dan membuatnya menjadi bentuk bulat. 

Aktifitas Ramadhan membuat kue donat


Inilah kue donat yang sudah jadi, walaupun tampilannya tidak seindah donat yang terpajang di mall, tapi kami puas sudah membuatnya, dan Alhamdulillah lebih puas lagi karena memberikannya kepada orang yang berpuasa. 

membuat kue donat