Thursday, May 16, 2013

Kurikulum 2013 ?

Saya hanya pemerhati dan bukan ahli. Serunya pro dan kontra di media tentang kurikulum baru ini akhirnya menggelitik perhatian saya yang awam ini. Akhirnya saya membaca informasi mengenai hal ini. Intinya adalah banyak kekhawatiran dan ketakutan terhadap kurikulum 2013 ini, tapi tidak sedikit pula yang optimis terhadap perubahan kurikulum ini.
 
Diantara komentar komentar yang beredar di masyarakat adalah:
 
-Kurikulum baru ini justru bagus karena berusaha untuk mengubah budaya menghapal menjadi budaya nalar, mengubah komunikasi satu arah menjadi dua arah dalam arti guru dan siswa sama sama aktif di kelas.
 
-Kurikulum baru ini bertujuan agar sistem pendidikan tidak terlalu fokus pada kompetensi dan berorientasi nilai semata terutama nilai ujian akhir nasional.
 
Akan tetapi ada juga yang berkata:
 
-Kasihan anak anak, dijadikan kelinci percobaan karena kurikulum berubah ubah terus sistemnya.
 
-Bagaimana nanti kalo ada mata pelajaran yang dihapus, gurunya bagaimana?
 
-waduh, ganti buku, ada tambahan biaya lagi dong.
 
Dan seterusnya.... dan seterusnya...
 
Daripada ikut larut dalam "keributan" ini, lebih baik kita (baca: saya / karena tulisan ini ditujukan utamanya kepada saya) bersiap siap menghadapi perubahan sehingga kita dapat merespon dengan baik perubahan ini.
 
Saya telah menulis tentang skala prioritas pembelajaran yang berisi tentang hal hal apa yang substansial dan paling penting untuk diajarkan dan dipraktekkan oleh anak. Jika kita fokus mengimplementasikannya yaitu pendidikan Tauhid, akhlak, karakter, adab, dan seterusnya maka Insya Allah sang anak menjadi lebih siap tentang perubahan pada lingkungannya dan dapat beradaptasi dengannya.
 
Seperti apa yang sudah baca dari berbagai sumber, yang utama untuk orang tua adalah kesiapan ilmu untuk mendidik anak : bagaimana agar anak mencintai aktifitas menuntut ilmu, bagaimana agar anak suka membaca, bagaimana agar cinta menulis dan berkarya, bagaimana merangsang anak untuk mempunyai nalar dan kesukaan untuk bereksplorasi, bagaimana cara belajar yang efektif, bagaimana mempraktekkan ilmu yang sudah didapat dikeseharian, dan seterusnya.
 
Jika ada pendapat lain atau informasi tambahan tentang kurikulum 2013, mohon kiranya ditulis pada comment di bawah. Siapa tahu ada informasi yang terluput pada saya. Terima kasih.