Sunday, December 30, 2012

Implementasi Google apps for education

Berdasarkan pengalaman saya berinteraksi dengan umbrella school terutama gurunya anak anak nan jauh disana, saya mendapat kata kunci penting sekarang. Substansi pokok dalam distance learning adalah kolaborasi. Alhamdulillah sekarang ada banyak teknologi yang bisa kita pilih dalam rangka berkolaborasi antar anak, orang tua, dan guru walau terhalang oleh jarak yang jauh.
Setelah mencari dan mengamati, akhirnya saya menentukan system yang cocok untuk kami implementasikan di dalam kegiatan homeschooling kami. Dan istimewanya ini adalah gratisan… hehehe.. Terima kasih kepada google yang telah membuat google apps. Aplikasi inilah yang saya pilih untuk berkomunikasi dan kolaborasi kami. Google telah membuatnya untuk kita, namanya google apps for education.
Sejauh ini, ternyata saya belum melakukan optimasi aplikasi google ini. Saya hanya sekedar memakai untuk email dan chatting via Gtalk saja. Akan tetapi setelah mempelajari lebih dalam, aplikasi ini sangat powerful untuk aktifitas kami.
Bagi anda yang sedang melakukan distance learning dan yang ingin mencobanya, silakan ke http://www.google.com/enterprise/apps/education/
 
implementasi-google-apps-for-education
 
Langkahnya sangat sederhana:
-          Registrasi dengan click “Get apps today”
-         Saya asumsikan anda telah mempunyai domain, atau kalau belum google bekerjasama dengan godaddy, anda bisa membeli domainnya sekalian sewaktu registrasi.
-         Setelah urusan registrasi selesai, maka dashboard cpanel nya akan muncul, tempat dimana anda melakukan konfigurasi aplikasi.
-         Terakhir, anda akan mempunyai alamat dashboardnya  http://www.google.com/a/nama-domain -anda
Berbagai macam aktifitas dapat anda lakukan disini, seperti:
-          Mulai dari email, chat, sampai video call.
-          Berbagi pakai document (word, spreadsheet, presentasi, dan file lain) melalui docs.
-          Melakukan dokumentasi, gallery, announcement, list, portofolio, video, melalui sites.
-          Mensetting agenda, jadwal pembelajaran, to do list atau homework, appointment, reminder, lesson plan dan seterusnya dengan calendar.
-          Dan masih banyak lagi.
Jadi, untuk semester akhir ini, kami Insya Allah mengimplementasikan system ini.

No comments:

Post a Comment