Sunday, December 23, 2012

Bagi raport

Senyum merekah, lidah basah oleh ucapan hamdalah... Itulah aktifitas di sabtu pagi ini. Bukan karena turunnya kabut yang menyelimuti Doha pagi ini, bukan pula karena pengumuman naik gaji, bukan... Akan tetapi karena mendapat informasi nilai raport anak anak.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam ritual tiap semesteran ini. Tapi ada yang membuat spesial ritual tersebut kali ini, mungkin anda sudah bisa menebaknya jika membaca cerita sebelumnya. Ya, raport pertama yang diraih setelah kami melakukan homeschooling. Bagaimana tidak heboh? Anak anak belajar mandiri dengan supervisi dari kami, ujian jarak jauh, ujian lisan dengan skype (untuk tahfizh dan hapalan hadits), itu semua dilakukan bersamaan dengan adaptasi dengan lingkungan baru, jam biologis baru, jenis bumbu makanan baru, teman baru, cuaca baru (lagi musim duinginnnn), dan seterusnya.

Alhamdulillah, sampailah hasil itu, yang kesimpulannya anak anak mendapatkan nilai yang sangat baik.. Masya Allah Laa quwwata illa billah... Hati orang tua mana yang tak gembira mendengar kabar baik bagi buah hatinya itu?

Tapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa semua itu bukanlah semata mata dari usaha orang tua yang mengajarkan, usaha guru yang menjadi fasilitator, atau kecerdasan anak semata, melainkan atas berkat rahmat Allah Yang Maha Penolong. Berkat hidayah taufiq nya lah semua ini bisa tercapai.

Kemudian, saya mengingatkan diri sendiri bahwa nilai nilai akademis adalah bukan tujuan akhir sebuah pendidikan. Nilai raport hanyalah sarana. Sarana untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mereka menyerap pelajaran. Tujuan pendidikan adalah akhlak yang baik dan semakin takutnya mereka kepada Allah.. Sehingga ilmu yang mereka dapat akan mereka amalkan untuk kebaikan mereka di dunia dan kebaikan mereka di akhirat.

Terakhir, kami orang tua mengucapkan beribu ribu ucapan terima kasih kepada guru guru dan orang serta lembaga yang telah mensupport kami. Jazakumullah khairan..
 
Ayo nak, tetap semangat menuntut ilmu (terutama ilmu syar'i) dan tingkatkan prestasimu...